Selasa, 04 Desember 2018

Published Desember 04, 2018 by with 0 comment

Benarkah Air Dapat Menyebabkan Alergi ?

Terdapat berbagai macam alergi dengan penyebab unik yang dapat dialami seseorang, salah satu alergi dengan penyebab paling unik dan paling menyulitkan adalah aquagenic urticaria atau alergi pada air.

Pengidap alergi ini bakal mengalami gatal-gatal ketika terkena air baik dalam temperatur apa pun. Kondisi aneh ini hanya diderita oleh 30 hingga 40 orang di seluruh dunia.

Pada orang yang menderita aquagenic urticaria, gatal-gatal muncul setelah terkena air, baik karena mandi, kehujanan, atau bahkan karena keringat dan air mata semata.

Alergi ini menghasilkan bintik merah kecil dengan bentuk yang jelas, pada beberapa kasus bahkan juga muncul rasa gatal. Ruam-ruam alergi biasanya muncul pada leher, badan bagian atas, dan lengan yang bakal hilang sekitar 30 hingga 60 menit setelah kering.

Pada kasus yang parah, seseorang bakal menghadapi gejala tersebut pada tenggorokan ketika mereka coba untuk minum air. Sebagai contoh, terdapat seorang penderita yang hanya dapat minum diet cola karena air, teh, dan jus membuat tenggorokannya melepuh.

Masih belum diketahui penyebab pasti mengapa seseorang menderita alergi ini. Bahkan kondisi ini juga dilaporkan tidak diturunkan melalui keluarga.

Ilmuwan memperkirakan bahwa alergi ini disebabkan oleh kandungan yang larut di air tersebut dan bukan karena airnya. Kondisi alergi ini juga lebih banyak dijumpai pada wanita dibanding pria, serta terjadi setelah pubertas.

Alergi ini sangat unik karena masalah besar yang dapat dialami oleh penderitanya. Namun untungnya alergi air ini tidak umum dijumpai di masyarakat.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar