Rabu, 27 Februari 2019

Published Februari 27, 2019 by with 0 comment

5 Cara Jitu Merawat AC Tetap Awet dan Dingin


Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang identik dengan cuaca panas. Suhu udara yang lembab sepanjang tahun merupakan hal yang lumrah. Kondisi tersebut yang membuat keberadaan penyegar ruangan seperti AC menjadi kebutuhan utama di setiap rumah. Anda wajib memilih AC yang berkualitas agar bisa memberikan kenyamanan sekaligus efisiensi energi. Agar tidak sering service AC, sebaiknya Anda tahu cara merawat AC yang benar. 

Perawatan yang baik akan memperpanjang umur AC dan tetap memberikan sensasi dingin. Jika AC tak lekas dingin setelah dinyalakan selama lima menit, kemungkinan evaporator yang ada di samping AC mengalami kerusakan. Berikut 5 cara merawat AC yang bisa Anda terapkan agar penyegar ruangan ini tetap awet dan dingin dalam jangka waktu lama. 

1.    Membersihkan filter AC secara konsisten
Komponen mesin AC bisa saja mengalami kerusakan sehingga butuh jasa service AC kalau Anda tidak rutin membersihkannya. Hal yang paling sering diremehkan sebagian besar orang adalah debu yang menumpuk pada filter AC.

Tumpukan debu dan kotoran pada filter AC yang tidak pernah dibersihkan akan menghalangi siklus udara. Akibatnya sistem AC menjadi terganggu dan mudah rusak. Lakukan pembersihan bagian filter AC ini setidaknya 1-2 bulan sekali ya!

2.    Membersihkan kumparan AC
Tak hanya bagian filter AC saja, sebaiknya Anda juga rutin melakukan pembersihan debu dan kotoran yang mungkin menempel pada kumparan AC minimal setiap tahun. Tumpukan debu pada bagian kumparan ini akan membuat sirkulasi aliran udara terganggu dan mengurangi kemampuan kumparan menyerap panas.

3.    Periksa thermostat AC
Memeriksa thermostat AC juga disarankan untuk memastikan kinerja AC sudah baik. Sebaiknya atur thermostat AC lebih tinggi saat rumah Anda kosong. Lalu, turunkan kembali thermostat AC saat seluruh anggota keluarga di rumah. Mematikan AC direkomendasikan kalau Anda memang hendak bepergian dalam waktu lama. Pasalnya, butuh energi besar untuk menyalakannya kembali.

Anda juga bisa menggunakan fitur timer jika ingin menyalakan AC sesuai kebutuhan saja. Hal ini berfungsi untuk menjaga mesin AC tetap terawat dengan baik serta meminimalisir pembengkakan pengeluaran setiap bulan.

4.    Cek kipas dan freon AC secara rutin
Mengecek kipas yang terpasang di unit kondensator bagian luar merupakan keharusan untuk mengetahui kondisi bagian tersebut. Pisau kipas bisa saja mengalami retak atau pecah sehingga tidak bisa membuat AC terasa dingin. Selain itu, cek pula bagian freon setidaknya enam bulan sekali. Freon yang bocor bisa saja mengakibatkan AC tidak mampu mendinginkan suhu secara maksimal.

5.    Lakukan penggunaan yang baik dan service secara berkala

Agar AC rumah Anda awet dan tetap dingin dalam jangka waktu lama, sebiaknya lakukan penggunaan yang sesuai prosedur. Usahakan ruangan senantiasa tertutup rapat sebelum menghidupkan AC.

Hal ini untuk menekan kinerja AC yang berlebihan jika ada pintu atau jendela yang terbuka. Selain itu, sebaiknya tidak terlalu sering mengatur suhu udara dibawah 22 derajat celsius yang bisa membuat mesin AC mudah sekali panas.

Service berkala sangat dianjurkan agar AC di rumah Anda bisa berumur panjang. Mencegah kerusakan kecil tentu lebih baik dibandingkan Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli AC baru, bukan? Gunakan jasa service AC berkualitas untuk layanan pengecekan dan perbaikan kerusakan AC. 

Anda bisa mencoba menerapkan 5 tips merawat AC di atas untuk umur penyegar ruangan yang lebih lama. Kalau Anda menyadari ketepatan penggunaan AC sesuai kebutuhan, tak harus sering memanggil service AC ke rumah, bukan? Yuk, gunakan elektronik rumah tangga sebaik mungkin mulai sekarang!
   

      edit

0 komentar:

Posting Komentar