Jumat, 08 Februari 2019

Published Februari 08, 2019 by with 0 comment

Aksesoris Kamera yang Dapat Menunjang Aktivitas Fotografi Kamu

Aksesoris kamera menjadikan hobi fotografi kamu lebih menyenangkan. Fotografi, hobi yang bisa disebut hobi mahal karena harga alat-alat yang dibutuhkannya pun tidak bisa dibilang murah. Meski begitu, aksesoris penunjan kamera ini jenis dan variannya ada banyak, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget yang dimiliki.

Memang kamera sudah bisa digunakan untuk mengambil foto maupun video. Namun adanya aksesoris kamera ini diharapkan dapat memudahkan proses pengambilan foto maupun video sehingga hasilnya semakin bagus. Kira-kira apa saja aksesoris kamera yang sebaiknya kamu miliki guna menunjang hobi fotografi? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

1. Tas Kamera

Banyak sekali pilihan aksesoris buat kamera. Contohnya kamera DSLR setidaknya membutuhkan tas penyimpanan. Bukan hanya untuk melindungi kamera seperti casing, namun juga sebagai penyimpanan aksesoris lainnya.

Terdapat dua hal penting dalam memilih tas kamera. Sebelumnya, tas kamera dibagi menjadi dua model yakni model selempang dan model tas punggung. Dua hal wajib yang perlu kamu perhatikan dalam memilih tas kamera yakni fitur tahan air (waterproof) dan ruang tambahan untuk penyimpanan aksesoris lainnya.

Pastikan untuk memilih tas yang sesuai kebutuhan kamu. Apabila kameramu termasuk kecil, maka pilihlah yang ukurannya sesuai. 

2. Dry Box

Dry box adalah tempat penyimpanan khusus yang dirancang untuk menyimpan barang elektronik seperti kamera dan lensa. Dry box berfungsi mengatur kelembapan sesuai yang diinginkan. Aksesoris ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko kamera atau situs jual beli online. 

3. Penyangga Kamera

Ada berbagai macam penyangga kamera yakni tripod, monopod, dan stabilizer. Pastikan memilih penyangga yang sesuai jenis kameramu. Apabila kameramu berat dan besar maka pilih penyangga yang sekiranya kuat serta mempunyai kaki-kaki yang fleksibel sehingga mudah dipanjangkan dan dipendekkan. Pilihlah penyangga dengan light stand. Light stand bermanfaat untuk menyangga perlengkapan lighting.

4. Kit Pembersih 

Kit pembersih merupakan aksesoris wajib bagi para fotografer, kit berfungsi membersihkan body kamera sekaligus lensa dari kotoran maupun debu membandel. Kit pembersih biasanya berupa semprotan, kain lap, dan cairan.

5. Aksesoris kamera Handphone

Teruntuk kamu yang demen selfie atau menekuni dunia vlogger, maka aksesoris handphone seperti tongsis sangat wajib kamu miliki. Tongsis ini merupakan aksesoris sangat bermanfaat untuk dibawa kemana-mana, khususnya pada saat rekreasi, naik gunung, bahkan camping.

6.  Filter 

Banyak orang sekarang ini familiar dengan kata filter, namun tidak tahu arti sebenarnya. Kebanyakan dari mereka memahami filter sebagai salah satu efek fotografi di media sosial. Padahal filter sendiri mempunyai bentuk fisik dan masih bertahan sampai sekarang. Memasang filter pada kamera berfungsi memberikan efek tertentu. 

Contohnya saja filter polarizer yang berfungsi menghadang pantulan cahaya, filter ini juga bisa menaikkan kontras dengan menggelapkan birunya langit. Filter polarizer tersedia berbagai merek dan harga, namun jika kamu punya banyak lensa, belilah satu filter saja sesuai lensa paling besar.

Berbagai pilihan aksesoris kamera di atas tentu membuat aktivitas vlogger dan fotografi kamu jadi makin mudah dan menyenangkan. Banyak sekali jenis aksesoris yang dijual di pasaran, namun tidak semuanya cocok dengan kamera yang kamu miliki. Oleh karena itu selektiflah saat memilih dan membelinya agar aksesoris yang dibeli dapat digunakan sebagaimana fungsinya. Ketika kamu bisa menghasilkan foto atau video yang keren, bukan tidak mungkin suatu hari nanti hobi kamu ini bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar