Rabu, 20 Februari 2019

Published Februari 20, 2019 by with 0 comment

Cara Merawat Perlengkapan Bayi untuk Makan dan Tidur


Perlengkapan bayi bisa Anda persiapkan sejak usia kandungan memasuki 8 bulan. Melakukan daftar perlengkapan yang akan dibeli akan lebih memudahkan Anda memilih barang berkualitas agar tahan lama untuk digunakan. Selain memilih perlengkapan yang berkualitas, Anda perlu menerapkan cara perawatan pada perlengkapan makan dan tidur bayi agar tahan lama. 

Cara Merawat Perlengkapan Makan Bayi

1.    Sabun Khusus
Bayi memiliki kulit yang sensitif, sehingga tidak bisa menggunakan sembarangan sabun. Dalam mencuci perlengkapan makannya Anda perlu menggunakan sabun khusus untuk bayi agar tidak menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Sabun khusus ini juga akan menjadi langkah untuk merawat perlengkapan makan bayi agar tidak mudah rusak. 

Cucilah perlengkapan dengan bersih tanpa adanya sisa makanan yang tertinggal. Gunakan spons dan ember yang tidak digabung dengan perlengkapan makan Anda. Tujuannya agar tidak terkontaminasi dengan bakteri atau pun jamur yang dapat merusak perlengkapan makan bayi. 

Saat mencuci perlengkapan makan bayi gunakanlah air yang mengalir dan air yang bersih. Pastikan sabun yang Anda pilih tidak mengandung zat berbahaya seperti BPA. Pilihlah sabun yang telah teruji secara klinis sebagai jaminan keamanan menggunakan sabun tersebut. 

2.    Keringkan dengan Benar
Penting sekali untuk Anda melakukan pengeringan perlengkapan makan bayi ini. Keringkan dengan menelungkupkan perlengkapan bayi di rak khusus bayi Anda. Setelah airnya kering, Anda bisa mengelapnya dan menyimpan di tempat yang aman yaitu tidak lembap. 

Jika tidak menyimpan di rak, Anda bisa lebih aman menyimpan perlengkapan makan bayi di dalam kota yang kedap udara. Tujuannya untuk melindungi perlengkapan ini dari debu dan kotoran yang ada. Perlengkapan yang dibiarkan berdebu terlalu lama akan berisiko mengalami kerusakan. 

3.    Melakukan Sterilisasi
Perlengkapan makan bayi ini penting sekali untuk Anda pastikan tidak adanya kuman dan bakteri. Cara yang bisa dilakukan dengan sterilisasi secara rutin. Stelisasi ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan air hangat atau disebut sterilisasi manual. Bisa juga dengan menggunakan alat sterilisasi yang bisa dibeli secara online. 

Anda bisa memilih akan menggunakan cara apa untuk melakukan sterilisasi. Lakukanlah secara rutin agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel. Ini akan membuat risiko perlengkapan makan bayi terkena jamur dapat terhindari. Hasilnya perlengkapan makan bayi akan memiliki daya tahan yang lama. Setelah disterilisasi simpan kembali perlengkapan di tempat yang aman. 

Cara Merawat Perlengkapan Tidur Bayi

1.    Membersihkan secara Rutin
Tempat tidur bayi merupakan perlengkapan yang penting untuk Anda rawat agar tidak mudah rusak, selain itu penting agar bayi bisa tidur dengan nyaman. Cara yang utama dilakukan dalam perawatan perlengkapan tidur bayi adalah membersihkannya secara rutin. 

Anda bisa melakukannya setiap dua minggu sekali atau menyesuaikan dengan kondisi pemakaian. Bersihkanlah dengan cara dicuci atau pun dijemur. Sesuaikan dengan bahan dan jenis tempat tidur yang digunakan. Pastikan kebersihannya selalu terjaga agar bayi tidak berisiko mengalami iritasi kulit karena kuman dan bakteri yang menempel. 

2.    Kebersihan Ruangan Kamar
Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada perlengkapan tidur bayi, salah satunya adalah kebersihan kamar. Jika kamar tempat tidur bayi tidak bersih akan ada banyak kuman dan bakteri. Ini akan membuat risiko perlengkapan tidur bayi dapat terkena jamur yang akan membuat perlengkapan tidurnya menjadi rusak.

Kerusakannya tidak lapuk, tetapi adanya bintik-bintik hitam yang akan timbul pada tempat tidur bayi. Kebersihan ruangan kamar pun berguna untuk menjaga kelembapan ruangan agar tidak berisiko pada kesehatan bayi Anda. 

3.    Letakkan di Tempat yang Aman
Letakkanlah perlengkapan tidur bayi Anda di tempat yang aman. Jangan letakkan di lantai jika tidak digunakan. Simpanlah di dalam lemari dan menatanya dengan rapi. Tempat tidur bayi letakkanlah di bagian kamar yang tidak lembap, jika menggunakan box jenis kayu. 

Anda akan tahu perlengkapan bayi yang selalu dibutuhkannya setiap bulan seiring berjalan waktu. Ada perlengkapan yang memang harus Anda beli secara rutin dan ada yang tidak. Pastikan saat membeli Anda sudah melihat produk tersebut aman untuk digunakan oleh bayi.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar