Sabtu, 13 April 2019

Published April 13, 2019 by with 0 comment

Mau Kredit Motor Murah, Perhatikan Ini Dulu


Kredit Motor Murah memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Pasalnya motor merupakan kendaraan pilihan utama bagi Masyrakat Indonesia terutama di kota-kota besar.

Tak ayal motor bisa kita lihat hampir disetiap sudut kota sampai kedesa di Indonesia. Hal ini juga andil dari mudahnya mendapatkan motor dengan pengajuan kredit yang semakin mudah.

Nah sebelum memutuskan mengambil motor dengan cara kredit ada hal – hal yang mesti kamu perhatikan juga, karena jika Anda melakukan kesalahan, bisa jadi merugikan Anda nantinya.

Agar terhindar dari hal yang merugikan, berikut ini kami berikan 6 kesalahan yang bisa membuat kredit motor jadi malapetaka bagi kamu.

1. Perhatikan Keuangan 
Menghitung kemampuang keuangan kamu sebelum memutuskan melakukan kredit motor adalah sebuah kewajiban. Idealnya kalian hanya boleh memakai 30 persen dari penghasilan kamu untuk membayar segala cicilan. Jika lebih dari 30 persen sebaiknya kamu tunda dulu atau mengganti pilihan motor yang akan kamu kredit dengan jenis dan tipe yang lebih murah.

Sekali kamu salah hitung, maka ada kemungkinan kamu malah akan terlilit hutang yang membuat kamu hidup terasa tidak tenang, ngeri kan.

2. Salah Pilih Tenor
Kalian akan sering melihat perusahaan leasing yang berlomba memberikan promo agar “jualannya” laku seperti meringankan DP dan memperpanjang jangka waktu pembayaran cicilan sehingga pembayaran cicilan terlihat kecil.

Yang perlu kamu tahu, ini adalah trick. Meski cicilannya ringan, tapi bunganya jadi lebih banyak dan hutang Anda jadi semakin banyak. Jadi yang perlu Anda perhatikan adalah besaran bunganya, bukan berapa ringan besar cicilannya. Usahakan pilih jangka waktu kredit yang tidak terlalu lama ya.

3. Deadline Pembayaran
Perhatikanlah selalu tanggal pembayaran cicilan kamu. Setidaknya pembayaran cicilan dilakukan pada tanggal deadline tapi lebih baik sebelumnya. Jangan sampai Anda telat membayar cicilan bulanan karena setiap keterlambatan membayar akan dikenakan denda. Tentunya biaya denda ini akan membuat hutang Anda semakin besar. Jadi sangat penting untuk memperhatikan kapan Anda harus membayar cicilan bulanan dan cari tahu terlebih dahulu berapa besar biaya denda jika terjadi keterlambatan.

4. BPKB Kendaraan
Biasanya perusahaan leasing akan menyerahkan BPKB pada saat administrasi atau pembayaran cicilan kamu selesai, namun terkadang ada juga perusahaan leasing yang menunda-nunda menyerahkan BPKB. Jadi sebaiknya Anda harus mengetahui dengan jelas kapan dan bagaimana Anda akan menerima BPKB motor Anda.

5. Asuransi
Asuransi adalah hal sering tidak digunakan oleh orang yang kredit motor karena dianggap tidak penting dan menambah pengeluaran, padahal sebaliknya produk asuransi ini sangat penting. memiliki asuransi untuk motor Anda, sebenarnya akan memberikan keuntungan bagi Anda sendiri jika terjadi musibah atau sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kecelakaan. Biaya yang harus Anda keluarkan menjadi lebih kecil apabila Anda terkena musibah apabila Anda memiliki asuransi motor.

6. Perhatikan Denda
Untuk mengantisipasi jika suatu saat benar-benar terpaksa harus menunggak. Setiap perusahaan leasing memiliki biaya denda yang berbeda. Oleh karena itu, perhatikan biaya denda yang diterapkan pada perusahaan leasing yang Anda minati. lalu sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar. Jika dirasa terlalu besar, maka akan sangat riskan ketika suatu saat terpaksa menunggak.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatiakn sebelum memutuskan mengambil motor dengan cara kredit. Selain itu ada banyak kemungkinan kamu mendapatkan kerugian, jadi alangkah baiknya fikirkan dan telitilah sebelum membeli. Memang diperlukan kesabaran dan ketelitian dan usaha yang ekstra sebelum membeli, tapi akan sepadan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar