Kamis, 11 April 2019

Published April 11, 2019 by with 1 comment

Mau Mencoba Berbisnis, Sudahkah Memiliki Modal Usaha?


Banyak orang yang tertarik membuka sebuah usaha agar bisa mengembangkan kreatifitas lebih baik lagi. Selain itu, bekerja pada orang lain jelas tidak bisa memberikan kepuasan finansial. Anda membutuhkan sebuah tantangan yang bisa memberikan kehidupan lebih layak termasuk kebebasan waktu. Namun, masalah yang sering dipertimbangkan banyak pemula sebelum terjun ke dunia bisnis adalah modal usaha. 

Jika Anda memiliki keinginan kuat dan rencana usaha yang matang, kenapa tidak mencoba mendapatkan modal dari pinjaman? Tidak selamanya pinjaman memberikan bunga mencekik leher hingga Anda terancam bangkrut. Selama Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan sistem kesepakatan jelas, usaha bisa Anda mulai dari sekarang, bukan? Sebagai bahan referensi, Anda juga bisa mendapatkan modal untuk usaha dari beberapa sumber uang berikut. 

1. Tabungan 
Menggunakan tabungan sebagai langkah awal memulai usaha bukan hal yang salah. Tabungan yang Anda gunakan tentu bisa menekan pengeluaran operasional untuk membayar hutang dan bunga. Namun, pastikan Anda memiliki rencana dana darurat sebagai antisipasi hal buruk yang tidak diinginkan seperti kebangkrutan.

2. Menggadaikan atau menjual aset 
Modal untuk membangun sebuah usaha baru tentu tidak sedikit sehingga Anda harus memiliki rencana matang. Jika sudah memiliki perencanaan bagus soal pangsa pasar, jenis usaha, strategi pemasaran yang baik dan sebagainya, Anda hanya perlu merealisasikan rencana besar tersebut.

Langkah yang bisa Anda mulai untuk mendapatkan modal usaha adalah menggadaikan atau menjual aset. Anda bisa menjual properti, kendaraan bermotor, perhiasan, investasi atau benda berharga lain dengan perhitungan matang. Kelak jika usaha Anda sudah berjalan lancar, Anda bisa membeli aset yang sama dengan kondisi lebih bagus.

Kalau Anda khawatir mengenai aset, memilih menggadai aset berharga tersebut. Tentu Anda harus mempertimbangkan kemampuan membayar atau menebus agar aset tidak disita situs gadai. 

3. Meminjam dari rekan atau saudara 
Dari mana Anda bisa mendapatkan uang tambahan dalam jumlah besar dengan risiko yang minim? Anda bisa mendapatkan tambahan modal usaha dengan meminjam uang pada rekan atau saudara. 

Selain bebas bunga, pilihan ini bisa membuat Anda bisa fokus pada usaha terlebih dahulu. Anda tentu harus melakukan kesepakatan dengan pihak kedua dengan baik. Jangan sampai Anda tidak mampu membayar atau melanggar kesepakatan yang telah terjalin diantara kedua pihak seperti telat mengembalikan dana pinjaman.

4. Pinjaman bank konvensional 
Melirik dana pinjaman dari bank konvensional banyak memberikan opsi menarik untuk para pelaku usaha. Bank konvensional baik BUMN atau swasta memiliki banyak penawaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya bank memberikan pilihan pinjaman berupa jaminan dan tanpa agunan. 

Jika Anda memilih pinjaman dengan jaminan, persiapkan aset yang bisa dijadikan agunan. Aset berupa properti atau kendaraan bermotor bisa memberikan modal untuk usaha Anda dengan tenor 5-20 tahun. Sedangkan pinjaman bebas agunan biasanya memberikan pilihan tenor singkat hingga jangka panjang dengan suku bunga lebih besar dari pinjaman dengan jaminan aset. 

5. Joint Ventura
Ingin membuka usaha namun tidak memiliki modal yang cukup? Anda bisa memilih membuka usaha bersama dengan partner terpercaya atau joint ventura. Pada sistem membuka usaha ini, Anda dan partner akan memiliki pembagian pekerjaan termasuk keuntungan dan kerugian secara seimbang. Pastikan Anda memiliki kontrak tertulis mengenai kesepakatan pembagian hasil dan lain-lain agar tidak memicu konflik jangka panjang. 

6. Dana konsumen 
Mencari modal usaha bisa Anda dapatkan dari dana konsumen atau uang muka terlebih dahulu. Namun, Anda tetap harus memiliki modal awal terlebih dahulu dan wajib memilih peluang usaha yang bisa menerapkan sistem uang muka. Jenis usaha yang bisa menggunakan modal sebagian dari konsumen antara lain katering, sablon baju dan lain-lain. 

7. Situs Crowfunding 
Di era digital, Anda juga bisa mendapatkan suntikan dana modal dari situs crowfunding atau sponshorship lewat website tertentu. Hal yang harus Anda perhatikan jika tertarik melakukan sistem ini adalah memiliki rancangan usaha yang bagus. Pasalnya, Anda wajib menawarkan usaha dengan ide dan perencanaan yang bagus di situs tersebut.

Nanti sponsor yang tertarik dengan penawaran Anda akan segera menghubungi untuk pembicaraan lebih lanjut. Anda hanya perlu memberikan bayaran berupa reward yang telah dicantumkan dalam situs tersebut. Keren, bukan? 

8. Pinjaman online
Jika Anda tipe orang yang menyukai kepraktisan, bisa mempertimbangkan mendapatkan tambahan modal usaha dari pinjaman online. Dewasa ini, banyak sekali kasus penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online abal-abal. 

Namun, selama Anda memilih situs pinjaman online terpercaya, kenapa tidak? Syarat dan pencairan dana jauh lebih mudah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda kok. Dijamin aman dengan suku bunga rendah dan tenor singkat sampai jangka panjang. Yakin tidak tertarik mencoba sistem  ini? 

Memutuskan untuk menjadi pengusaha sejak usia muda bukan hal yang salah. Anda bisa mengembangkan bakat dan memanfaatkan peluang usaha yang ada. Siapa tahu Anda bakal sukses sebagai pengusaha muda di Indonesia. Dapatkan tambahan modal usaha secara online di https://www.cekaja.com/small-business-banking. Syarat dan dokumen pengajuan lebih mudah, anti ribet, bunga ringan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda kok! Yuk, mulai realisasikan mimpi Anda menjadi pengusaha besar sejak sekarang!

      edit

1 komentar: