Rabu, 10 Juli 2019

Published Juli 10, 2019 by with 0 comment

Ciri dan Gejala Gangguan Pendengaran yang Harus Diwaspadai


Gangguan pada indera pendengaran sering sekali disepelekan.Padahal, menurut WHO, penyakit gangguan pendengaran menjadi penyakit yang memasuki angka tinggi di seluruh dunia. Ciri ciri gangguan pendengaran bisa dari yang ringan hingga parah.

Bila Anda atau orang terdekat Anda merasakan ada yang berbeda pada area telinga, lebih baik segera periksa kedokter. Sebab ada beberapa penyakit serius atau bahkan gangguan pendengaran parah seperti kehilangan pendengaran untuk selamanya yang berawal dari gejala ringan.

Ciri dan Gejala Anda Mengalami Gangguan Pendengaran

Berikut ciri dan gejala gangguan pendengaran yang harus diwaspadai dan terjadi pada orang dewasa.

1. Sering Meminta Pengulangan Ucapan
Ciri pertama, meminta orang lain mengulangi apa yang sudah diucap atau apa pun yang terdengar di telinga seperti saat sedang menonton film (dialog di dalamnya). Kegiatan tersebut sering sekali dilakukan tanpa disadari.

2. Merasa Lelah Karena Harus Fokus Mendengarkan
Anda sering merasa lelah sehabis beraktivitas yang berhubungan dengan mendengarkan sesuatu? Misalnya saat seharian harus berbicara pada banyak orang, mendengarkan orang-orang berbicara, dan sebagainya. Bila iya, kemungkinan Anda mengalami gangguan pendengaran. Karena biasanya Anda harus mengeluarkan energy ekstra untuk bisa focus mendengarkan dibandingkan orang lain yang memiliki kondisi pendengaran normal.

3. Memilih Menarik Diri Dari Pembicaraan
Ciri berikutnya ialah merasa kesulitan ketika harus berada di aktivitas pembicaraan sehingga lebih sering menarik diri untuk tidak terlibat. Walau sekilas terasa normal, merasa kesulitan ketika harus mampu mendengar pembicaraan terlalu sering merupakan gejala yang tergolong dalam gangguan pendengaran.

4. Sering Tidak Mendengar Dering telepon atau Suara Bel
Sering sekali merasa tidak mendengar ketika ada dering telepon atau ketika ada tamu yang memencet bel rumah? Hal tersebut bisa menjadi cirri Anda mengalami gangguan pendengaran karena daya konsentrasi indera pendengaran Anda tidak setajam kondisi normal.

Masih banyak cirri atau gejala sederhana yang sering sekali dialami oleh banyak orang dan menjadi tanda adanya gangguan pendengaran. Pada dasarnya cara kerja telinga setiap orang berbeda, namun tetap ada kondisi normal yang bisa dijadikan patokan apakah seseorang terkena gangguan pendengaran atau tidak.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar