Jumat, 05 Juli 2019

Published Juli 05, 2019 by with 0 comment

Jalan Kaki, Cara Praktis Cegah Penyakit Jantung


Tahukah Anda bahwa jalan kaki dapat mencegah terjadinya penyakit jantung? Ini dia fakta medisnya!

Jalan kaki adalah salah satu aktivitas sederhana yang ternyata menyimpan manfaat luar biasa. Dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jenis olahraga aerobik derajat ringan hingga sedang yang satu ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, yang pada akhirnya mencegah terjadinya penyakit jantung.

“Saat Anda melakukan olahraga aerobik, kerja jantung dalam memompa darah akan ikut terpacu. Dengan ini, organ-organ tubuh juga akan mendapatkan pasokan oksigen dan gizi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan optimal,” tutur dr. Sepriani.

Apa yang dikatakan dr. Sepriani ternyata sejalan dengan temuan studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology: Heart Failure. Studi ini mengatakan bahwa jalan kaki memiliki efek yang baik dalam mencegah kejadian gagal jantung pada wanita lansia. Lebih spesifik, para peneliti mengungkap bahwa setiap tambahan 30–45 menit aktivitas fisik harian, risiko gagal jantung bisa berkurang hingga sembilan persen.

Tak berhenti di situ, jalan kaki ternyata memiliki manfaat yang lebih besar lagi. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Kidney Diseases dan Duke University Medical Center, AS, melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit sehari bisa mencegah terjadinya sindrom metabolik. Ini adalah keadaan yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes melitus, strok, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Di luar itu, jalan kaki selama 30 menit sehari juga bisa mendatangkan manfaat sehat berikut ini:

•    Mengurangi risiko terjadinya kanker payudara hingga 10–30 persen
•    Membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas
•    Membuat mood lebih baik, sehingga mencegah terjadinya stres maupun depresi
•    Menurunkan berat badan kurang lebih 11,3 kg dalam satu tahun
•    Membuat otak tetap aktif, sehingga penyakit Alzheimer tidak akan terjadi di kemudian hari
•    Mencegah terjadinya tulang keropos alias penyakit osteoporosis

Mengetahui bahwa jalan kaki dapat mencegah penyakit jantung dan mendatangkan beragam manfaat sehat lainnya, masihkah Anda ragu untuk melakukannya? Jangan lupa untuk mengimbangi kebiasaan jalan kaki 30 menit sehari dengan penerapan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, dan cukup istirahat.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar