Jumat, 19 Juli 2019

Published Juli 19, 2019 by with 0 comment

Yuk, Perhatikan 6 Hal Penting sebelum Kamu Beli Kamera Second!

Sumber : pricebook.co.id

Di jaman milenial ini sudah banyak masyarakat yang lebih tertarik menggunakan kamera mirrorless daripada DSLR. Masyarakat lebih memilih menggunakan kamera mirrorless ketimbang DSLR karena bentuknya yang lebih kecil serta simple dan compact. 

Sayangnya kamera mirrorless memiliki harga yang lebih mahal dari DSLR. Sehingga tak jarang mereka lebih memilih mencari kamera second daripada yang baru karena harganya lebih miring. Tapi kamu juga perlu mengetahui cara dan tips untuk membeli kamera mirrorless second agar tidak menyesal. Disini kami akan memberikan tips yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kamera mirrorless secara second. Check this out!

1. Kondisi body kamera
Sumber : prelo.co.id

Bagian pertama yang perlu kamu cek sebelum membeli kamera mirrorless second yakni, pada body-nya. Pastikan kamu mengecek seluruh bagian body kamera second yang ingin dibeli apakah terdapat goresan, bopeng serta tulisan merk kamera masih terlihat jelas atau tidak. 

Jika ketika mengecek seluruh body kamu menemukan goresan bahkan menjumpai ada baut yang lepas, diperlukan pertimbangan untuk membeli kamera mirrorless second ini. Tetapi jika kamu tidak mempermasalahkan dengan kondisi body maka kamu bisa membelinya. Sehingga, apabila kamu merasa harga yang ditawarkan mahal dengan kondisi tersebut kamu bisa menawarnya kembali dengan harga yang lebih murah.

2. Kondisi lensa kamera
Sumber : idntimes.com

Bagian kedua yang perlu kamu lakukan sebelum membeli kamera second yakni cek lensa kameranya. Buat kamu yang menginginkan membeli kamera mirrorless second beserta dengan lensa bawaan sebaiknya cek lensanya juga. Pastikan jika lensanya berfungsi dengan baik serta cek bagian lensa apakah ada yang lecet atau tidak.

Karena lensa akan mempengaruhi kualitas hasil gambar atau video. Jika menurut kamu lensanya kurang meyakinkan sebaiknya beli kameranya saja. Kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah karena tanpa membeli lensanya.

3. Kondisi baterai kamera
Sumber : blog.bantenkamera.com

Bagian yang perlu kamu cek selanjutnya adalah pada baterainya. Cek kondisi baterai kamera apakah sudah bocor atau belum. Coba gunakan kameranya untuk memotret beberapa foto dan cek apakah baterainya cepat berkurang atau tidak. Bila baterai berkurang saat memotret gambar sebaiknya kamu mencari kamera mirrorless second yang lain. Tetapi jika kamu tidak mempermasalahkan hal tersebut bisa membeli baterai cadangan yang lebih hemat dayanya dan sesuai dengan tipe kamera.

4. Kondisi layar kamera
Sumber : infotografi.com

Kamu perlu mengecek bagian layar kamera mirrorless yang ingin dibeli. Hal ini merupakan salah satu yang terpenting terlebih lagi jika kameranya memiliki tipe touch screen. Pastikan layarnya berfungsi dengan baik ketika disentuh. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan apakah layar tersebut terdapat titik hitam atau dot pixel. Jika terdapat kecacatan pada layar sebaiknya cari kamera second lainnya karena untuk mengganti layarnya saja hampir setara dengan harga kameranya.

5. Ukuran sensor kamera
Sumber : tekno.kompas.com

Sebelum membeli kamera mirrorless second yang perlu kamu cek selanjutnya adalah pada bagian ukuran sensornya. Sensor kamera sendiri bisa dibilang sebagai nyawa dari setiap kamera, oleh sebab itu sangat penting mengecek bagian ini. Kamu harus mengetahui ukuran sensor dari kamera mirrorless second yang ingin kamu beli terlebih dahulu. Karena untuk kamera ini sendiri memiliki banyak berbagai jenis sensor seperti, Micro Four-Third atau APSC. 

6. Kelengkapan kamera
Sumber : zonalaptopdankamera.com

Kamu juga perlu mengecek kelengkapan kamera tersebut sebelum memilih untuk membelinya. Apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk memory, baterai, charger baterai, strap atau tali kamera, tas hingga flash tambahan. Jika kamu merasa ada yang kurang lengkap ajukan saja untuk melakukan penawaran harga lagi kepada penjual.

Nah, itulah 6 tips sebelum membeli kamera mirrorless yang perlu kamu ketahui. Ketika kamu mendapatkan tawaran kamera mirrorless di bawah 1 juta diperlukan pengecekan dari 6 hal diatas. Jangan lupa lakukan 6 cara di atas ini ya sebelum memutuskan untuk membeli kamera mirrorless second!
      edit

0 komentar:

Posting Komentar