Jumat, 27 September 2019

Published September 27, 2019 by with 0 comment

Jangan Sepelekan, Inilah Kemungkinan Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya


Perubahan fisik yang tidak wajar sering membuat kekhawatiran sendiri pada seseorang, baik dari ujung kaki sampai dengan kepala. Begitu pula yang dirasakan ketika tiba-tiba kaki bengkak, seperti yang diketahui bahwa ada banyak hal bisa menjadi penyebab kaki bengkak  tersebut. Misalnya saja kondisi dialami oleh ibu hamil, secara kedokteran itu merupakan salah satu hal yang wajar terjadi. Tetapi tahukah Anda jika ternyata kaki bengkak bisa terjadi bukan saja pada ibu hamil, tetapi juga beberapa kondisi lain?

Sama seperti sebuah penyakit, dimana gejala yang muncul diawal itu bisa menjadi tanda adanya masalah yang ringan sampai dengan masalah yang serius. Sebagai orang yang awam dan tiba-tiba mengalami masalah kaki bengkak pasti akan lebih khawatir. Makanya itu, lebih baik pahami seperti apa saja penyebab secara umum berikut ini:

1. Kehamilan
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kehamilan menjadi salah satu tanda yang sangat umum sekali kenapa kaki berubah menjadi lebih besar. Hal itu terjadi karena adanya perubahan saat hamil. Umumnya terjadi pada saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu atau lebih.

2. Cidera
Kemungkinan kedua adalah mengalami cidera atau pergelangan kaki yang dapat membuat lebih besar atau bengkak. Umumnya keseleo atau geser menjadi indikasi kenapa kaki berubah wujud lebih besar. Untuk masalah yang satu ini Anda bisa mengompres kaki yang bengkak dengan menggunakan es untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

3. Edema perifer
Tidak menutup kemungkinan pula, pembengkakan yang terjadi pada kaki akibat masalah edema parifer. Dimana ini merupakan salah satu penyebab kaki bengkak karena cairan dalam darah keluar dan menumpuk pada jaringan dalam. Biasanya karena berat badan yang terlalu besar, terlalu lama duduk pada satu tempat, cuaca hangat atau bisa pula terjadi pada perempuan yang sedang menstruasi.

4. Infeksi
Kemungkinan selanjutnya adalah infeksi pada kaki yang dapat membuat pembengkakan terjadi. Biasanya hal yang satu ini terjadi pada mereka orang yang mengalami diabetes neoropati, dimana saraf kaki sudah mengalami gangguan. Kaki sudah tidak peka ketika mengalami apapun, sehingga bisa jadi infeksi pada kaki terjadi.

5. Pembekuan darah
Penggumpalan pada darah bisa menjadi akibat kenapa kaki atau bagian tubuh Anda lebih besar dari pada biasanya. Jika sudah mengalami kondisi seperti ini lebih baiknya langsung periksakan saja pada dokter yang ahli. Selain pembengkakan pada kaki, umumnya masalah itu disertai dengan nyeri, demam sampai dengan perubahan warna pada bagian kulit kaki Anda.

Pada dasarnya ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab kenapa kaki Anda mengalami pembengkakan. Seperti seringnya konsumsi obat-obatan tertentu, ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan sirkulasi darah dengan meningkatnya kekentalan. Nah, itulah yang sering menjadi penyebab kenapa kaki lebih bengkak. Untuk kondisi yang lebih jelasnya bisa langsung saja konsultasikan kepada dokter yang lebih ahli. Terkadang kesalahan sedikit dalam konsumsi obat dapat berakibat besar.

Meskipun ada beberapa hal yang perlu dikhawatirkan ketika kaki bengkak, namun tidak semuanya perlu dikhawatirkan. Artinya memang ada beberapa kondisi khusus yang menjadikan wajar ketika terjadi pembengkakan. Dapat dikatakan tidak semua hal yang menjadi penyebab kaki bengkak itu berbahaya bagi kesehatan Anda. Namun jika memang hal itu disertai dengan tanda atau gejala lain bisa langsung saja konsultasikan kepada dokter ahli. Sekian, semoga dapat menjadi tambahan informasi berguna.




      edit

0 komentar:

Posting Komentar