Selasa, 26 November 2019

Published November 26, 2019 by with 0 comment

Mengenal Tabungan Mudharabah


Seperti yang telah diketahui bersama, saat ini di Indonesia banyak orang memilih untuk meletakkan uangnya di Bank dan salah satu jenis perbankan yang tengah diminati adalah Bank Syariah. Bank syariah umumnya diminati karena menerapkan prinsip syariah dalam praktiknya. Selain itu, bank syariah juga memiliki berbagai produk seperti halnya bank konvensional sehingga membuatnya mirip seperti bank konvensional namun menggunakan prinsip berdasarkan hukum Islam. Salah satu produk yang diminati adalah Tabungan Mudharabah Syariah. Apa itu Tabungan Mudharabah dan mengapa Anda harus memiliki tabungan Mudharabah?

1. Pengertian Tabungan Mudharabah
Pada dasarnya, tabungan Mudharabah merupakan tabungan yang memungkinkan para nasabahnya untuk berinvestasi sambil menabung. Karena bertujuan untuk investasi, maka pihak bank biasanya akan memberikan imbal hasil secara syariah atas usaha yang dijalankan bank tersebut kepada para nasabah tabungan Mudharabah. Oleh karena itu, banyak orang tertarik untuk memiliki tabungan mudharabah mengingat adanya imbal hasil yang diberikan.

Sistem bagi hasil yang ditawarkan oleh tabungan Mudharabah juga tergolong Islami dan sesuai dengan prinsip syariah. Wajar mengingat di dalam hukum Islam, sistem bunga dilarang sehingga membuat bank Syariah hadir dengan menawarkan prinsip bagi hasil sebagai pengganti sistem bunga tersebut. Sistem bagi hasil yang diterapkan memungkinkan para nasabah untuk mendapatkan imbal hasil saat bisnis yang dijalankan perbankan tengah mengalami keuntungan sementara itu ketika bisnis tengah menurun maka imbal hasil yang diterima juga akan menurun sehingga tidak mengikuti suku bunga acuan yang berlaku.

2. Memiliki akses beragam fitur produk islami khusus
Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus memiliki tabungan Mudharabah yakni fitur produk Islami khusus yang ditawarkannya. Dengan membuka tabungan Mudharabah, maka Anda akan memiliki akses untuk mengikuti tabungan Haji, waqaf, dll yang sesuai dengan hukum Islam. Produk inilah yang cukup unik dan tidak diberikan oleh perbankan konvensional pada umumnya.

3. Sesuai dengan syariat Islam
Selain fitur produk khusus yang ditawarkan, nasabah tabungan Mudharabah juga akan memiliki tabungan yang sesuai dengan syariat Islam. Ya, mengingat umat muslim merupakan umat mayoritas di Indonesia maka tak heran jika tabungan dengan pedoman syariah sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, tabungan Mudharabah dari Bank Syariah Bukopin bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda umat muslim yang ingin memiliki akses perbankan dengan syariat Islam.

Itulah beragam hal yang perlu Anda kenal dari tabungan mudharabah. Lengkapi iman Islam Anda dengan mendaftar haji sekarang juga. Cari tahu syarat daftar haji 2019 dan segera penuhi rukun Islam yang kelima.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar