Sabtu, 04 Januari 2020

Published Januari 04, 2020 by with 0 comment

Begini Langkah Sederhana Menghentikan Luka pada Jari


Luka bisa terjadi kapan saja dan darimana saja, seperti saat berkegiatan memasak. Saat memasak, luka jari kena pisau adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tidak perlu panik karena Anda bisa melakukan beberapa cara pertolongan pertama saat jari terluka dengan langkah berikut ini.

1. Hentikan Pendarahan
Ketika terjadi luka kena pisau, maka Anda akan mengalami pendarahan. Pendarahan ini bisa ringan ataunpun berat. Apapun jenis pendarahannya, pastikan untuk menghentikannya. Caranya, ambil tisu jika pendarahan ringan atau handuk apabila pendarahan berat untuk menghentikan darah yang keluar.

2. Bersihkan Luka
Setelah pendarahan benar-benar berhenti, langkah selanjutnya adalah membersihkan luka. Caranya, cucilah luka tersebut dibawah air mengalir ataupun dengan air hangat jika memungkinkan. Pastikan tidak ada sabun ataupun kotoran yang tersisa di dalam luka supaya tidak mengiritasi hingga menginfeksi.

3. Berikan Antibiotik
Ketika luka sudah bersih, Anda bisa mengoleskan salep antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi. Perlu diketahui, pemberian antibiotik ini opsional, namun disarankan ketika lukanya cukup dalam. Pemberian antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan. Akan tetapi, sangat penting untuk mencegah infeksi dan tidak menambah keparahan luka tersebut.

4. Pakai Perban
Langkah perawatan luka kena pisau terakhir adalah gunakan perban. Perban ini sangat penting untuk melindungi luka supaya saat keluar rumah tidak terpapar kotoran. Apabila luka tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter. Ingat, jangan sepelekan luka ini karena luka terbuka di kulit berpotensi masuknya bakteri ke dalam organ tubuh. Pada akhirnya akan menyebabkan infeksi hingga penyakit berbahaya lain.

Ada berbagai faktor yang memengaruhi luka cepat sembuh atau tidak pada setiap orang. Salah satunya disebabkan oleh kurang terpenuhinya asupan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, berapapun usia Anda, pastikan untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, apalagi bagi ibu hamil.

Sebagai referensi, vitamin yang cocok untuk ibu hamil bisa diperoleh dari superfood berikut ini, diantaranya telur, brokoli, pisang, alpukat, dan chia seeds. Makanan tersebut juga tidak kalah penting dikonsumsi oleh siapapun untuk memenuhi gizi dan nutrisi yang seimbang, termasuk Anda.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar