Sabtu, 14 Maret 2020

Published Maret 14, 2020 by with 0 comment

Inilah 5 Perlengkapan yang Harus Anda Persiapkan untuk Bayi Baru Lahir


Menantikan kelahiran buah hati tentu saja sangat ditunggu-tunggu, apalagi bagi orang tua baru. Untuk itu, berbagai persiapan pun dilakukan, seperti menyediakan kamar khusus bayi, nama bayi, dan yang paling penting adalah perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi harus disiapkan jauh hari sebelum ibu melahirkan. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan diskon atau promo berupa kasur bayi murah jika membeli perlengkapan bayi lebih awal.

Bagi orangtua baru, membeli perlengkapan bayi bisa saja susah-susah gampang. Pasalnya, tidak semua orang tua tahu mana saja perlengkapan yang wajib dimiliki. Bahkan, ada beberapa perlengkapan yang menjadi mubazir karena hanya dipakai satu kali atau bahkan tidak sama sekali. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perlengkapan wajib apa saja yang harus dipersiapkan untuk bayi baru lahir.

Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Berikut ini adalah beberapa rangkuman perlengkapan bayi yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

1. Bedong
Bedong menjadi salah satu perlengkapan bayi yang wajib untuk dimiliki. Bedong berfungsi untuk membungkus bayi yang baru lahir agar tetap hangat. Belilah satu lusin bedong bayi dengan bahan yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi. Tidak perlu membeli bedong terlalu banyak karena bayi akan cepat besar.

2. Pakaian Bayi
Satu set pakaian bayi juga harus disiapkan sejak awal. Belilah baju sekaligus celana bayi sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan kualitas bahan pakaian apakah aman untuk kulit bayi, sehingga iritasi bisa dihindari. Selain membeli baju dan celana,  beli juga popok kain, popok sekali pakai, kaos tangan, dan kaos kaki. Anda tentu saja tidak perlu membelinya dalam jumlah yang banyak. 

3. Perlak dan Kasur Bayi
Perlak juga menjadi salah satu perlengkapan bayi yang harus disiapkan. Perlak berfungsi untuk menahan air pipis agar tidak tembus ke kasur. Anda cukup membeli satu atau dua perlak saja sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan perlak, pastikan Anda mengawasinya setiap saat apakah air pipis bayi sudah menggenang atau belum karena jika dibiarkan begitu saja, bayi bisa saja basah kuyup akibat air pipisnya.

Selain perlak, jangan lupa untuk membeli kasur bayi. Saat ini, banyak kasur bayi murah yang dijual secara online.

4. Alat Mandi dan Perawatan Tubuh
Kulit bayi yang masih sensitive tentu saja membutuhkan peralatan mandi yang gentle untuk kulitnya. Belilah sabun dan sampo bayi khusus bayi dan handuk yang nyaman di kulit. Selain itu, sediakan juga krim-krim perawatan tubuh jika sewaktu-waktu kulit bayi mengalami iritasi, seperti krim khusus ruam, handbody, pelembab wajah, dan lain sebagainya.

5. Dot dan Wadah ASI
Meskipun bayi baru lahir minum ASI secara langsung, namun ada saat-saat tertentu Anda tidak bisa memberinya ASI. Oleh karena itu, sediakan satu atau dua botol ASI sekaligus dengan wadahnya. 

Sebaiknya, gunakan wadah yang terbuat dari stainless steel agar kualitas ASI tetap terjaga. Namun, jika terlalu mahal, Anda bisa menggunakan wadah ASI berbahan kaca. Selain itu dot juga berfungsi jika bayi minum susu formula karena Anda tidak bisa menghasilkan ASI.

6. Gendongan Bayi
Gendongan bayi juga perlu Anda persiapkan agar tidak repot saat membawa bayi ke luar rumah. Saat ini banyak pilihan gendongan bayi yang praktis dan siap digunakan tanpa harus melilitkannya terlebih dahulu seperti gendongan zaman dulu. 

Itulah enam perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan. Jika Anda membutuhkan kasur bayi murah atau perlengkapan bayi lainnya, Anda bisa membelinya secara online. Semoga bermanfaat. 
      edit

0 komentar:

Posting Komentar