Jumat, 27 Maret 2020

Published Maret 27, 2020 by with 1 comment

Kenali Perbedaan Oli Sintetis dan Oli Mineral


Ganti oli merupakan rutinitas wajib pemilik mobil sebagai upaya menjaga dan merawat mesin kendaraan. Namun, Anda tidak boleh memilih oli sembarangan agar tidak tertipu oli oplosan atau oli palsu. Selain oli palsu, ada banyak merek oli yang mungkin tidak cocok dengan jenis karakter mesin mobil. Oleh sebab itu, Anda harus memilih jenis oli yang tepat dengan mobil pribadi.

Di pasaran, ada oli sintetis dan oli mineral yang bisa Anda jadikan pilihan tepat. Ada pula oli semi sintetis yang terbuat dari bahan campuran sintetik yang dikombinasikan dengan oli mineral alami. Untuk mengetahui perbedaan kedua oli tersebut, mana yang paling baik? Simak informasi lengkap berikut ini!

Kelebihan dan kekurangan oli sintetis

Oli sintetis merupakan jenis pelumas yang terbuat dari olahan minyak bumi yang telah dihilangkan sifatnya atau bisa berasal bahan selain minyak bumi, zat kimia dan aditif. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oli sintetis antara lain:

1. Memiliki proteksi dan jangka waktu lebih lama 
Dibandingkan dengan oli mineral, oli sintetis memiliki garansi perlindungan pada mesin lebih berkualitas. Waktu pemakaian lebih lama menjadi alasan Anda wajib mempertimbangkan pelumas dari bahan sintetis.
2. Tidak mudah menguap pada suhu tinggi
3. Bisa membersihkan mesin dari endapan kotoran dan kerak karbon
4. Kualitas oli cenderung encer yang mencegah masuk ke celah  mesin, tidak mudah menghitam  dan memiliki kekentalan yang lebih stabil.
5. Bisa menghemat bahan bakar kendaraan lebih banyak

Kekurangan oli sintetis hanya terdapat pada harga yang lebih mahal. Harga ganti oli sintetis bisa mencapai beberapa kali lipat dibandingkan dengan oli mineral. Selain itu, kekurangan oli sintetis hanya tidak cocok untuk mobil yang masih menggunakan teknologi lama. Nilai SAE oli sintetis yang lebih rendah tidak cocok untuk kendaraan klasik. Bisa jadi penguapan terjadi pada kendaraan-kendaraan tertentu. Jangan heran kalau kendaraan lawas yang menggunakan pelumas sintetis bakal membuat pengeluaran Anda membengkak dua kali lipat.

Namun, oli sintetis sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki mobil keluaran baru. Mobil baru didukung oleh teknologi mutakhir yang bakal lebih awet apabila mendapatkan pelumas sintetis. Mengeluarkan biaya ganti pelumas yang lebih berkualitas, kenapa tidak? Pilih merek oli sintetis yang telah terbukti mutu dan kualitasnya.

Kelebihan dan kekurangan oli mineral

Mungkin Anda lebih sering mendengar atau menggunakan bahan pelumas yang terbuat dari minyak bumi alami. Ya, oli mineral merupakan pelumas kendaraan yang terbuat dari minyak bumi dengan tambahan campuran zat aditif tertentu. Bisa dikatakan kalau oli mineral memiliki kinerja yang kurang bagus dibandingkan dengan oli sintetis. Hal ini dikarenakan oli mineral dianggap memiliki kotoran yang tinggi dan terbawa ke dalam ruang pembakaran.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak kelebihan oli mineral sebagai berikut:
  • Bisa mengikis komponen silinder blok agar kedua komponen tetap selaras.
  • Bisa menjaga mesin mobil dengan teknologi lama Anda lebih awet.
  • Bisa membuat getaran mobil lebih halus saat mesin dingin. 
  • Memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan oli sintetis.
Kekurangan oli mineral cukup banyak dibandingkan oli sintetis yang menggunakan teknologi canggih antara lain:
  • Struktur molekul oli mineral kurang seimbang.
  • Oli mineral bisa meninggalkan kotoran dan endapan yang mengakibatkan kerak pada mesin mobil. 
  • Mengganggu performa mesin yang berbeda saat suhu mesin dingin dan panas.
Berdasarkan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan antara oli sintetis dan oli mineral, Anda bisa mendapatkan gambaran jelas. Untuk mobil produksi terbaru, sebaiknya gunakan oli sintetis yang lebih berkualitas. Oli sintetis banyak digunakan mobil balap untuk menjaga performa mesin tetap prima. Bisa dikatakan kalau oli sintetis jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan oli mineral, lho! 

Namun, Anda yang memiliki mobil generasi lama, tetap bisa menggunakan oli mineral biasa. Hanya saja rutin lakukan penggantian pelumas mineral agar performa mesin tetap prima. Ganti oli mobil Anda secara berkala di bengkel yang profesional. Lakukan pemesanan jadwal kunjungan untuk servis mobil di bengkel dengan menggunakan aplikasi Otomall.id, ya! Anda bisa memesan oli terbaik yang sesuai dengan jenis kendaraan dengan harga terjangkau. 
      edit

1 komentar: