Senin, 04 Mei 2020

Published Mei 04, 2020 by with 0 comment

5 Komponen Penting Struktur Organisasi yang Wajib Anda Ketahui


Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi yang berfungsi untuk pengendalian atau pengawasan para pimpinan kepada karyawan. Oleh sebab itu, struktur organisasi Mayora memiliki komponen yang bisa mewujudkan perusahaan bergerak secara optimal. Berikut 5 komponen penting yang wajib ada dalam struktur organisasi sebuah perusahaan besar:

1. CEO
CEO atau Chief Executive Officer merupakan jabatan tertinggi yang bertugas untuk memimpin atau menentukan arah tujuan usaha. Biasanya CEO adalah pemilik usaha atau bisnis tersebut.

2. Directors 
Staf direksi memegang peranan penting dalam struktur organisasi Mayora yang terdiri dari beberapa jabatan penting antara lain direktur utama, direktur keuangan, direktur personalia, dan direktur keuangan.

Setiap jabatan penting memiliki fungsi dan tugas masing-masing, misalnya direktur utama bertugas mengkoordinasi dan mengendalikan segala kegiatan administrasi, kepegawaian dan sekretariat.

3. Manager
Setiap divisi pasti memiliki manajer yang bertugas untuk mengintegrasikan berbagai variabel antara lain pengarahan, komunikasi, koneksi, seleksi, dan pelatihan karyawan. Umumnya komponen dalam jabatan manajer terdiri dari manajer personalia, pemasaran dan pabrik.

Setiap jabatan memiliki fungsi dan tugas berbeda guna meningkatkan perkembangan perusahaan semakin baik. Setiap manajer memiliki tanggung jawab besar terhadap kelangsungan divisi masing-masing.

4. Administrasi dan gudang 
Komponen dalam struktur organisasi yang tidak kalah penting adalah bagian administrasi dan gudang. Seluruh transaksi perusahaan harus dicatat dan dicek dengan baik agar tidak terjadi masalah kemudian hari. Tugas bagian administrasi dan gudang erat berkaitan dengan bagian pembukuan, laporan penerimaan dan pengeluaran barang, serta urusan dengan pihak outsourcing.

5. Divisi regional
Dalam perusahaan besar, divisi regional berhubungan erat dengan penanaman saham yang bisa meningkatkan nilai tambah perusahaan. Divisi regional akan menjalankan kebijakan dan prosedur baku dari kantor pusat perusahaan.

Dengan mengetahui komponen penting dalam struktur organisasi, Anda bisa tahu bagaimana setiap peran memegang fungsi, tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing. Evaluasi bulanan menjadi hal penting dari setiap komponen guna meningkatkan perkembangan perusahaan lebih baik. Sebagai perusahaan besar di Indonesia, struktur organisasi Mayora jelas lebih lengkap yang mewakili setiap bagian agar lebih terkontrol dengan baik.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar