Kamis, 22 Oktober 2020

Published Oktober 22, 2020 by with 0 comment

Lebih Cepat! Begini 4 Langkah Membuat NPWP Online


Bagaimana cara membuat NPWP online? Nah, jika Anda masih belum mengetahuinya, simak ulasan berikut ini. NPWP adalah nomor pajak yang menjadi identitas pembayar pajak sehingga sebelum melakukan semua tahap-tahap perpajakan harus memiliki NPWP ini. Cara membuat NPWP sendiri sangatlah mudah yakni datang langsung ke kantor pajak atau dilakukan mandiri secara online.

Jika dibandingkan harus datang ke Kantor Pajak, banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan cara online. Hal tersebut karena proses pelaporannya bisa dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan tak perlu antre. Lantas, bagaimana cara membuat NPWP secara online? Ada 4 langkah yang perlu Anda lakukan dalam pembuatan NPWP online. Diantaranya yaitu :

1. Lengkapi Persyaratannya
Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dalam membuat NPWP baik offline maupun online. Persyaratan yang dimaksud ialah KTP untuk WNI, KITAP atau KITAS untuk WNA. Jika memiliki usaha melampirkan juga dokumen izin usaha dari instansi atau kepala desa untuk pekerjaan bebas.

Jika status kawin dan dikenai pajak terpisah dari suami maka melampirkan juga fotokopi NPWP suami, fotokopi KK dan surat pernyataan pemisahan penghasilan. Nah, untuk pendaftaran secara online, semua dokumen tersebut di-scan atau difoto untuk kemudian di upload.

2. Buat Akun di E-Reg Pajak
Cara membuat NPWP online yang pertama ialah membuat akun terlebih dahulu di web ereg.pajak.go.id. Masukkan data yang diminta termasuk email yang aktif untuk aktivasi akun. Pilih NPWP pusat untuk wajib pajak yang belum menikah dan NPWP cabang untuk yang ingin dikenai pajak terpisah dari suami. Setelah mengirim data awal ini, maka bukalah email Anda dan klik link yang diberikan oleh DJP online untuk aktivasi akun.

3. Upload Dokumen
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengupload dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Isilah data atau identitas diri Anda seperti penghasilan, usaha dan lain sebagainya. Setelah itu upload juga dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan data yang diisi sesuai dengan kondisi Anda agar perhitungan pajak pun tepat.

4. Kirim Berkas Secara Elektronik
Setelah yakin data yang diisi sudah benar maka klik TOKEN untuk mendapatkan kode rahasia. Kode akan dikirim via email, jika kode masih tidak masuk klik ulang tombol TOKEN. Kemudian klik kode rahasia tersebut dan kembali dashboard ereg pajak, paste kode tersebut lalu klik Kirim Permohonan. Status permohonan akan disetujui jika semua persyaratan sudah benar. Dalam beberapa hari kartu NPWP akan dikirim via pos ke alamat yang sudah di daftarkan.

Cara membuat NPWP online sangat mudah, bukan? Melakukannya di tengah kesibukan pun dapat dilakukan, cepat dan mudah tanpa harus meluangkan waktu ke kantor pajak. Nah, salah satu aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas perpajakan dan  catatan pengeluaran bisnis adalah Bukukas. Nah, bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir karena aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah. Untuk Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi Bukukas bisa langsung cek di situs resminya ya  https://www.bukukas.co.id.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar